Rismawan Cyber4rt

Kumpulan Anime Subtitle Indonesia

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh memang sangat baik. Jadi kita tak boleh melewatkan moment puasa Ramadhan tahun ini begitu saja. Sebab dengan menjalankan puasa Ramadhan selama satu bulan penuh, diharapkan kita mampu mendapatkan manfaat yang luar bisa tersebut.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Ibadah puasa adalah kewajiban bagi seluruh umat Islam di dunia. Namun selain bernilai sebagai ibadah, puasa juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Jadi sudah sepantasnya kita patut bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan bulan Ramadhan tahun ini untuk menjalankan puasa. Apa saja manfaat kesehatan dari ibadah puasa yang kita jalankan? Berikut ulasannya.

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Tubuh manusia terdapat banyak racun dari sisa metabolisme ataupun akibat dari penggunaan zat kimia pada produk tertentu. Puasa merupakan metode detoksifikasi alami yang mampu membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga tubuh kita akan lebih sehat.

Mencegah penyakit diabetes

Manfaat dari berpuasa juga akan menghindarkan kita dari penyakit diabetes. Diabetes merupakan penyakit berbahaya karena bisa menimbulkan komplikasi berbagai penyakit lain. Dengan menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh, maka kadar gula dalam darah dan kolesterol bisa terkontrol. Jadi penyakit diabetes bisa dicegah secara efektif.

Menyerap banyak nutrisi

Puasa juga akan membuat penyerapan nutrisi menjadi lebih optimal. Metabolisme tubuh akan menjadi lebih efisien saat kita berpuasa. Dengan lancarnya sistem metabolisme, berarti nutrisi yang terserap ke dalam tubuh juga akan lebih optimal. Oleh karena itu, manfaat puasa bagi kesehatan tubuh akan membuat kita jadi lebih sehat.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Puasa Ramadhan selama satu bulan penuh juga bisa membuat tubuh semakin kebal sehingga tidak mudah sakit. Ini karena saat kita menjalankan puasa kadar Limfosit  di dalam tubuh akan menjadi meningkat hingga 10 kali lipat. Dengan begitu, tubuh akan lebih kebal dari serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Meningkatkan kinerja otak

Puasa juga bisa membuat otak lebih cerdas. Dengan berpuasa, maka tubuh akan memproduksi hormon neurotropik  lebih banyak. Dengan begitu, maka sel-sel otak akan lebih banyak diproduksi sehingga kinerja otak semakin baik.

Menurunkan berat badan

Puasa juga dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif. Sebab pola makan pada saat puasa akan menjadi lebih teratur dan terkontrol. Jadi kita akan terhindar dari makan berlebihan yang bisa memicu berat badan berlebih dan perut buncit. Meski begitu, sebaiknya ibadah puasa yang kita jalani harus diniati dengan iklas, bukan untuk tujuan diet. Adapun manfaatnya dalam menurunkan berat badan hanyalah bonus semata.

Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh memang cukup baik. Semoga kita bisa menjalankan ibadah pusa selama satu bulan penuh tanpa ada gangguan agar mendapatkan manfaat yang luar biasa tersebut.

Description: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh
Rating: 4.5

0 komentar:

Posting Komentar